Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi D3

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN
PROGRAM STUDI DIII TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER

 

VISI

Visi Program Studi DIII Teknik Elektronika mengacu pada visi Universitas Jember dan visi Fakultas Teknik dimana Visi Universitas Jember adalah :

“Menjadi Universitas Unggul Dalam Pengembangan Sains, Teknologi dan Seni Berwawasan Lingkungan, Bisnis dan Pertanian Industrial”, dan visi Fakultas Teknik adalah Menjadikan Institusi Pendidikan yang unggul dibidang teknologi yang berwawasan lingkungan’”.

Dari visi Universitas dan visi Fakultas Teknik yang sudah ditetapkan, maka Program Studi DIII Teknik Elektronika menetapkan visinya sebagai berikut:

“Menjadi Lembaga yang unggul dan kompetitif dalam mendidik dan meningkatkan sumber daya manusia, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan di bidang teknologi elektronika yang berwawasan lingkungan.”

 

MISI

Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasional, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berhubungan dengan bidang elektronika dengan efektif, efisien, dan berkelanjutan, serta menjalin kerjasama dengan lembaga lain atas dasar saling menguntungkan.

 

TUJUAN

Program Studi D3 Teknik Elektronika, bertujuan menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan dalam menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknik elektronika, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tujuan sebagaimana dimaksud di atas diarahkan pada kompetensi lulusan, yaitu:

  • Menguasai dasar-dasar ketrampilan dalam bidang teknik elektronika sehingga mampu menerapkan dan menjelaskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang elektronika.
  • Mampu mengimplementasikan keterampilan dalam kegiatan produktif (kewirausahaan) dan pelayanan kepada masyarakat (jasa) dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
  • Mampu dan menyusun laporan tertulis mengkomunikasikan atas hasil atau proses kerja dengan akurat dan benar.
  • Melakukan pendampingan kerja dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.

Jika tujuan ini tercapai maka lulusan dapat menjadi tenaga ahli profesional atau menjadi wirausahawan yang tangguh di bidang elektronika.

 

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Sasaran:

  1. Peningkatan Prestasi dan Kompetensi Lulusan, dengan kriteria:
  2. Lulusan memiliki IPK rata-rata minimal 3.0
  3. Lulusan memiliki jiwa entrepreneur softskill yang tinggi.
  4. Lulusan memiliki wawasan lingkungan.
  5. Lulusan memiliki rata-rata masa studi 3 tahun.
  6. Lulusan memiliki menguasai teknologi informasi dan komunikasi.
  7. Lulusan memiliki pengalaman kerja di institusi/lembaga yang relevan dan mendukung peningkatan kompetensi.
  8. Lulusan mampu mengimplementasikan hasil karya ilmiah dalam proses pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan menghasilkan publikasi ilmiah.
  9. Peningkatan Manajemen dan Kinerja Penyelenggaraan Program Studi, dengan rincian:
  10. Tercapai sinergi kinerja dalam mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran
  11. Tercipta suasana kerja yang kondusif untuk melayani para pengajar dan staf administrasi dapat bekerja secara nyaman dan menyenangkan, serta menyediakan sarana dan prasarana kerja yang memadai
  12. Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan relevan melalui pengembangan PBM, pengembangan bahan ajar.
  13. Menumbuhkan kemampuan berwirausaha sebagai bagian dari upaya memperkecil ketergantungan menjadi pegawai dan menumbuhkan kemampuan berkreasi untuk menciptakan lapangan kerja

Pengembangan sarana dan prasarana laboratorium untuk memperoleh hasil penelitian yang baik sesuai kebutuhan masyarakat.

  1. Pengelolaan jurusan dan laboratorium dengan seoptimal mungkin.
  2. Pengembangan kurikulum sehingga lulusan yang dihasilkan bisa sesuai dengan harapan dan kebutuhan dibidang agroindustri.
  3. Sistem pengembangan berdasarkan evaluasi diri secara berkala untuk perbaikan secara terus-menerus.
  4. Pemenuhan rasio dosen mahasiswa
  5. Peningkatan kualitas dosen melalui studi lanjut, pelatihan, kesempatan meneliti dan mengikuti kegiatan ilmiah
  6. Peningkatan kualitas asisten dan teknisi melalui kegiatan pelatihan yang sesuai bidang kompetensi yang dimiliki

 

Strategi Pencapaian

Adapaun strategi pencapaian VMTS yang dilakukan dengan beberapa tahapan

diantaranya yaitu :

  • Sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran secara intensif dan terus menerus. Sosialisasi dilakukan secara berkala (minimal setiap awal semester) melalui grup jejaring sosial alumni, mahasiswa dan dosen. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2011 dan masih dilakukan sampai sekarang.
  • Mengelola program studi yang transparan, akuntabel, kredibel, bertanggung jawab dan adil. Kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan strategi ini adalah melaporkan kegiatan program studi dengan transparan, akuntabel, kredibel, bertanggung jawab dan adil. Laporan evaluasi kegiatan program studi oleh kaprodi D3 dalam rapat evaluasi kegiatan jurusan pada setiap akhir semester.
  • Mengembangkan suasana akademis yang kondusif yang memungkinkan warga kampus dapat bekerja secara optimal sesuai dengan fungsi masing-masing. Kegiatan prioritas sebagai upaya untuk hal ini adalah peningkatan fasilitas belajar mengajar untuk membangun suasana akademik di kalangan sivitas akademika. Kegiatan ini dilakukan dengan perencanaan internal dan terintegrasi dengan Fakultas Teknik dan Universitas Jember, misalnya penyediaan akses internet, e-learning, sistem informasi akademik (terpadu).
  • Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan (baik secara finansiil maupun sarana prasarana dan SDM) dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar kampus. Salah satu kegiatan yang diupayakan adalah mengundang stakeholders dan professional yang terkait untuk menjalin kerjasama dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kuliah umum.
  • Mengembangkan sistem penjaminan mutu yang memungkinkan semua unit dapat bekerja dengan baik. Dilakukan evaluasi oleh GPM di tingkat fakultas yang terkait dengan semua kegiatan organisasi di bawahnya.
  • Mengirim tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk studi lanjut dan pelatihan
  • Melakukan tracer study dan kerjasama dengan stakeholder untuk mendapatkan masukan untuk penyusunan kurikulum yang relevan
  • Mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai lomba dan kompetisi baik yang bersifat kompetisi ilmiah maupun pengembangan kewirausahaan
  • Melakukan pembenahan prosedur pelayanan berdasarkan aspirasi sivitas akademika dan prosedur yang ditetapkan Universitas dan Fakultas

Memberikan pembinaan dan bantuan bagi dosen yang melakukan penelitian, publikasi dan

pengabdian kepada masyarakat